Minggu, 21 April 2013

About Korean People

Ok… hari ini gw mo ngeblog lagi. Smoga aja ga mati lampu kayak yg udah-udah. Mateklah gw pas lagi enak-enaknya ngetik tiba-tiba mati lampu aja gitu. Kebayang dong gimana nyeseknya?
Ya udahlah…anggep aja lagi sial. Kita lupakan masalah itu. Kali ini gw mo cerita, sekedar berbagi pengalaman yang gw tau. Ok….jd pengalaman yang gw tau itu adalah….kebetulan gw kerja ma orang korea. Jadi sedikit banyak gw tau tentang mereka. Gw mo cerita dikit kali ini. Tapi bukan soal K-Popnya ya, karena gw bukan pecinta K-Pop jadi gw beneran buta masalah itu. Gw mo cerita aja tentang kebiasaan mereka, kehidupan mereka yg selama ini gw tau. Smoga aja bguna…
Mmmm…orang korea itu yang gw tau adalah….
1.       Mereka keras. Keras dalam banyak hal. Keras kalo lagi ngomong / pun marah. Suka tereak-tereak. Tapi kalo udah marah ya udah cuma sebentar abiz itu lupa. Beda ma orang Indonesia kalo marah cenderung nahan tapi bisa mpe ratusan taon and ngedumel dalam hatinya ga kelar-kelar (halah…lebay. Hahaha). Mereka juga keras dalam mendidik anak. Senin – Sabtu adalah jadwal anak-anak mereka untuk belajar, baik belajar di tempat formal / informal. Semua les diikutin. Mulai dari les pelajaran sekolah maupun les renang, les music, balet, dsb. Hari libur belajar cuma di hari minggu aja. Bahkan ada boss gw yg pernah bilang gini “dulu waktu saya kecil, kami tidak tau kenapa kami belajar? Yang kami tau kami belajar karena kami tidak ingin dipukul”
Mukul anak itu udah jd hal yg biasa utk org korea. Bahkan waktu itu gw pernah nemuin anak boss gw ngumpet di bawah meja. Gw tanya kenapa dia ngumpet disitu. Katanya “papa nya pukul aku, ini sakit (nunjuk tangan kiri) ininya juga sakit (nunjuk tangan kanan). Papanya pukul, aku nya disini (maksudnya papanya pukul aku makanya aku ngumpet di sini)”. Mmmm…didikan mereka keras tapi itu yg bikin anak-anak ini mandiri. Mereka jadi punya banyak kemampuan karena dari kecil dibiasain les ini itu. Semua org korea yg gw temuin pasti bisa maen piano, ga peduli org tua / pun anak-anak. Cewek / cowok. Semuanya pasti bisa dan jago!!! Gw ngiri gila dalam hal ini.
2.       Sama yg lebih tua teramat sangat menghormati. Setiap kali ketemu mereka pasti bilang anyeonghaseyo sambil nunduk-nunduk gitu kepalanya. Itu harus, ga boleh ga. Bahkan boss gw mengajarkan hal itu ke anak-anaknya dari mereka masih kecil. Kalo si anak ketemu orang n cuma diem aja maka boss gw akan megangin kepala anaknya supaya mo nunduk sambil bilang anyeonghaseyo.
Tapi karena kebiasaan yang terlalu menghormati orang lain itulah ada sifat jelek mereka yang gw ga suka. Mereka jd ga berani negor bangsanya kalo mereka salah. Jadilah gw yang ketiban apesnya. Marah sama siapa tapi gw yg ditereak-tereakin. Mmm....semacam tempat sampah gw pikir-pikir. Tapi ya udahlah...lupakan masalah itu. Ga bagus curhat di social media. hahahaha
3.       Dalam hal kerjaan mereka keren. Kerjasama nya diacungin jempol. Ga peduli tua / muda. Ga peduli jabatan juga. Mereka mau kerjasama saling bahu membahu. Bahkan pernah waktu tempat gw kerja atapnya kena puting beliung, pada terbangan itu genteng. Keadaan ujan jadilah bocor dimana-mana. Smua orang korea gerak pada saat itu. Ada yang ngepel, ada yang mindahin barang. Kece pokoknya.
4.       Dalam hal keuangan…beuh, jgn macem-macem. Uang seratus rupiah aja ditanyain. Dulu pernah gw bayar listrik…kadang kan suka ada nominal 75 peraknya tu. Gw genapin jd Rp 100 aja itu ditanyain. Dibilangnya bayarnya pk ATM aja laen kali biar sesuai nominal. Tp gw cuek aja, besok-besoknya ga ditanyain lagi tu. Hehehe.
5.       Di korea sana…itu ada peraturan begini… nikah sekali untuk seumur hidup. Gada perceraian. Kalo sampai cerai maka semua harta akan dikasih ke pihak istri. Si suami ga akan dapet apa-apa. Sedangkan si istri walaupun dia dapet semua kekayaan si suami tp dimata masyarakat korea itu dipandangnya udah jelek banget. Ga akan laku lagi. Katanya sih gitu. Makanya walaupun orang korea kalo lagi berantem sm istrinya sampe tonjok-tonjokkan / bahkan pot bunga melayang…gada perceraian diantara mereka. Gw udah biasa ngeliat boss gw yang cewek tiba-tiba nangis terus temen-temennya yang sesama ibu-ibu juga suka melukin mereka. Tanpa perlu nanya lagi, gw pasti tau dia kenapa. Mmmm…. Kalo di Indonesia peraturannya gini juga gimana ya???
6.       Di korea gada istilah asisten rumah tangga. Ga sanggup bayar, karena  mahal katanya. Jadilah semua urusan rumah tangga di kerjain sendiri. Tapi karena disini semuanya serba murah… ya udah mereka terbiasa n jadi keenakan tinggal di Indonesia. Hahahaha
7.       Semua orang korea yang gw liat disini itu awet muda. Damn… gw heran. Ada boss gw umur 45 tapi wajah 28 an. Kebalik ma gw, umur 20an tapi wajah 40an. Oke, cukup. Ga usah dibahas masalah wajah gw yang boros ini. Gw suka kesel sendiri. Hahaha. Ga tau juga ya karena apa wajah mereka bisa imut-imut gt. Cantik pake banget. Ganteng pake banget. Ada tu salah 1 boss gw, cowok. Pertama kali gw masuk kerja gw dah naksir. Mirip lee min ho. Ternyata anaknya 2. Ooohh…. Patah hatiku jdnya. Ckckckck…
Udah dulu ah, cukup sekian gw ngeblog nya hari ini. Gw mo kerja dulu. Mpe ketemu lagi dengan cerita gw yang laennya, entah kapan juga gw bikinnya. Hahahaha…abiznya tiap gw mo nulis slalu aja ada halangannya, yg tiba-tiba mati lampu lah…atau bahkan hp yg tiba-tiba ngehang pas mo nulis. Hhhhh…kurang sajen keknya ni blog. Okehsip…thx udh menyisakan waktunya utk baca blog gw ini. Ga tw jg penting / ga bwt kalian. Tp mamacih banget ya :)



Tidak ada komentar: